Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Contoh Teks Deskripsi

7 min read

Tak perlu jauh-jauh mencari contoh teks deskripsi. Anda bisa menemukannya dengan mudah dari novel, artikel, website, maupun cerita pendek. Jenis teks ini kerap digunakan untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu objek maupun topik secara detail. Dari teks tersebut, pembaca bisa membayangkan objek secara jelas, layaknya melihat atau melakukan sesuatu.

Oleh sebab itu, banyak kalimat pasif transitif dan keterangan yang menyusun teks. Tak cuma itu, ada pula kata sifat serta perumpamaan untuk memperjelas maksud penulis. Bukan hanya memperjelas tujuan dan maksud penulis, penggunaan perumpamaan juga memiliki fungsi lain. Hasil tulisan akan tersaji lebih menarik dan mengalir, seperti halnya penulis handal.

Mempelajari teks deskripsi sebenarnya tak begitu sulit. Anda bisa membaca, memahami, dan mencari contoh-contoh teks yang tersebar di internet maupun buku-buku pelajaran. Dari sini, bisakah Anda menangkap terminologi dari teks deskripsi? Jika masih bingung, Anda bisa membaca dan memahami beberapa contoh teks deskripsi berikut ini.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Sebelum menulis teks deskripsi, sebaiknya tentukan tema atau topik yang ingin dibahas. Jika tema telah ditentukan, tulisan terasa lebih mengalir dan cepat diselesaikan. Di samping itu, tema pun membantu Anda menemukan perumpamaan dan penjelasan yang koheren. Contoh teks deskripsi singkat di bawah ini membantu Anda menemukan tema tulisan.

Contoh Teks Deskripsi Singkat
Contoh Teks Deskripsi Singkat

Halaman Belakangku yang Asri

Di belakang rumahku, ada sebuah lahan terbuka hijau yang difungsikan sebagai taman. Ada beragam macam tumbuhan yang sengaja dirawat oleh ibuku. Sebagian besar tumbuhan merupakan jenis tanaman hias yang tengah digandrungi. Salah satunya aglaonema yang ramai diperbincangkan di dunia maya.

Selain aglonema, ada pula monstera atau janda bolong yang punya ukuran daun besar. Ciri khas dari monstera adalah daun berlubang atau bolong. Semua tanaman ditata dengan apik di area sekitar kolam ikan. Berbeda dengan tanaman, ikan-ikan jadi hewan peliharaan favorit ayahku. Ia pula yang mendesain kolam ikan yang menyatu dengan dinding halaman belakang.

Pada bagian tengah kolam, ayah sengaja membangun air mancur. Kalau kamu bermain ke rumahku dan singgah ke halaman belakang, dijamin suasana asri dan tenang langsung terasa. Aku sering menghabiskan waktu di sini sambil menyeruput teh hangat atau sekedar membaca buku. Keluargaku juga selalu berkumpul di akhir minggu sembari piknik di taman belakang.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Alam dan Sosial Budaya

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Teks deskripsi bisa Anda gunakan untuk menjelaskan ciri-ciri fisik suatu objek, seperti hewan atau tumbuhan. Di dalamnya, Anda bisa paparkan warna, klasifikasi, hingga ciri fisik yang menonjol. Tujuan pembuatan teks deskripsi semacam ini untuk memberi informasi kepada para pembaca. Misalnya saja, pembaca yang tak melihat atau bersentuhan langsung dengan hewan bersangkutan.

Contoh teks deskripsi tentang hewan kerap menggunakan kata sifat yang ditujukan menggambarkan secara detail. Bagaimana agar tulisan deskripsi terkesan lebih mengalir? Pastikan untuk mengumpulkan data dan informasi secara rinci. Entah itu dari pengamatan pribadi di lapangan maupun mengumpulkan data-data dari artikel, buku, dan jurnal.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Ingin menceritakan pengalaman saat menikmati alam? Anda bisa membagikan pengalaman berjalan-jalan dan memandangi alam melalui tulisan. Banyak penulis perjalanan yang melakukan hal sama demi membagikan pengalaman maupun ketakjubannya. Contoh teks deskripsi tentang alam pun jadi pilihan menjelaskan keindahan alam supaya dinikmati orang lain.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam
Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Pantai Parangtritis yang Selalu Dirindukan

Debur ombak menyambutku saat menjejakkan kaki di pasir halus pantai Parangtritis. Masih sangat dini untuk melihat semburan cahaya matahari pagi. Jam masih menunjukkan pukul 05.00 saat aku dan rombongan tiba di pantai Parangtritis. Meskipun begitu, kami masih sabar menanti untuk melihat matahari terbit di ujung cakrawala.

Sembari menunggu cahaya terbit, aku dan teman-teman berjalan ke ujung pantai. Kami menuju pantai Parang Endog yang masih satu area dengan Parangtritis. Di sini, ada air mengalir dari arah atas yang sangat jernih. Berbeda dengan ombak Parangtritis yang besar dan kuat, suasana Parang Endog justru lebih menenangkan.

Suasana pagi di Parangtritis lebih cocok untuk menjernihkan pikiran ruwet. Masih tak terlalu ramai, tapi aku bisa merasakan keriuhan alam di pagi hari. Kicauan burung menemani liburanku menikmati pantai indah di ujung selatan Yogyakarta. Di sekitar pantai pun, ada beberapa penjual makanan dan minuman serta toilet yang bisa digunakan para pengunjung.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Kehidupan sekolah yang sangat mengesankan pasti sulit dilupakan. Bagi beberapa orang, pengalaman selama sekolah menjadi topik menarik untuk dibahas. Pembahasannya pun tak jauh-jauh dari kenakalan, prestasi, maupun kesenangan di sekolah. Membagikan kisah kasih selama sekolah pun jadi beberapa ide tulisan beberapa pengarang.

Nah, Anda pun bisa membuat contoh teks deskripsi tentang sekolah layaknya penulis-penulis besar. Tulisan Anda bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan atau dibagikan ke media sosial. Jika digunakan sebagai tugas, buatlah karangan yang menarik dan enak dibaca. Tak ada salahnya membaca contoh-contoh yang ada agar hasilnya lebih memuaskan.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah
Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Belakangan, sastra perjalanan tengah naik daun dan mendapat perhatian khusus dari pembaca. Ciri khas tulisannya tak lain dan tak bukan adalah pengalaman penulis mengunjungi berbagai daerah di dunia. Tak hanya mengulas tempat wisata di dalam negeri, namun juga luar negeri. Berbagai contoh teks deskripsi tentang tempat wisata ini pun kerap dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata sekitar.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata
Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Menantang Adrenalin di Green Village Gunungkidul

Ingin menjajal wisata menguji adrenalin? Cobalah berkunjung ke Green Village Gunungkidul. Anda akan disajikan permainan flying fox sepanjang 625 meter. Permainan ini digadang-gadang menjadi flying fox terpanjang kedua di kawasan Asia Tenggara. Tak cuma melewati rute yang panjang, Anda pun akan ditantang meluncur dari ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Dengan bantuan tali-temali dan para pengawas profesional, Anda tak perlu terlalu khawatir. Semua peralatan dan sistem keamanan dipastikan sangat aman. Untuk bisa menjajal permainan ini, setiap pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp100.000. Cukup mahal memang untuk kantong wisatawan lokal, namun tak ada salahnya mencoba. Kapan lagi bisa merasakan meluncur menggunakan tali dari atas ketinggian? Cuma di Yogyakarta semuanya bisa Anda wujudkan.

Dijamin, Anda bakal ketagihan merasakan keseruan meluncur dari atas ketinggian. Kapan lagi bisa menguji adrenalin sembari melihat pemandangan alam sekitar yang masih asri? Selain menikmati permainan menantang, Anda juga bisa bersantai di area sekitar Green Village. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen dengan berfoto bersama pasangan maupun keluarga di sini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Memaparkan benda secara detail lebih mudah dilakukan dengan teks deskripsi. Anda bisa menggambarkan penampakan benda secara fisik, termasuk ciri-ciri dan kekhasannya. Tak perlu sungkan pula memasukkan pengandaian untuk membentuk imajinasi pembaca. Dengan begini, tulisan Anda pun jauh lebih objektif sebagai contoh teks deskripsi tentang benda.

Penceritaan terkait benda menggunakan teks deskripsi termasuk jenis spatial. Artinya, Anda hanya memaparkan objek melalui sudut pandang Anda ataupun secara real. Jenis teks ini lumrah digunakan untuk menceritakan sebuah tempat maupun ruang. Umumnya, contoh teks deskripsi tentang benda akan dimulai dengan bagian identifikasi, lalu dilanjutkan dengan klasifikasi dan deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda
Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Masih bingung dengan konsep teks deskripsi? Contoh teks deskripsi tentang rumah berikut mungkin cukup membantu. Walaupun topik yang diangkat sederhana, struktur teks sangat sesuai dengan kaidah penulisan. Tentunya ada ide pokok yang coba diilustrasikan oleh penulis untuk membantu pembaca lebih paham.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumah

Rumah Mungil dengan Sejuta Kisah

Ukuran rumahnya memang tak terlalu luas, namun banyak kenangan yang dilalui di sana. Aku dan keluarga menghabiskan 10 tahun bersama di rumah mungil tersebut. Rumah lama kami terletak di sudut gang yang jauh dari hiruk-pikuk jalan raya. Ayahku sengaja membeli rumah dengan halaman luas.

Desain rumahnya sendiri dibuat sangat tradisional, maklum ayah dan ibuku tak terlalu suka desain kekinian. Aku dan adikku merasa nyaman menghabiskan waktu di rumah, walaupun tak begitu banyak fasilitas pendukung. Satu hal yang membuatku dan keluarga sangat betah, yakni taman bunga di bagian depan.

Ibuku selalu merawat bunga-bunga dengan tangannya sendiri. Alih-alih meminta bantuan tukang kebun, ibu selalu menyempatkan waktunya setiap hari. Ia tak kesal harus meluangkan waktu sepulang dari kantor ataupun di pagi hari. Kata ibu, bunga-bunga itu membuat rumah kami terlihat lebih hidup dan nyaman.

Menghabiskan waktu 10 tahun di rumah mungil ternyata menghadirkan nostalgia tersendiri. Saat harus pindah dan meninggalkannya, hatiku harus hancur. Rasanya seperti merelakan barang kesayangan dirampas paksa oleh orang lain.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Selain ditulis dalam bahasa Indonesia, teks deskripsi sering disajikan dalam bahasa Inggris. Tentunya tetap memperhatikan kaidah penulisan dan pilihan kata ganti yang tepat. Sulit mengenali jenis teks deskripsi dalam bahasa Inggris? Coba perhatikan contoh teks deskripsi bahasa Inggris yang ada.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris
Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Sebagian besar teks deskripsi melibatkan panca indera kita, seperti penglihatan, penciuman, hingga perabaan. Jika satu diantaranya terdapat dalam teks tersebut, kemungkinan besar itu merupakan teks deskripsi. Di samping melibatkan panca indera, pemaparan teks seringkali seputar objek, benda, maupun suasana. Tulisan terkesan mengalir dan sangat mudah dipahami oleh pembaca dengan segala tingkat usia.

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya

Cara termudah memahami teks deskripsi bisa dilakukan dengan cara membaca contoh teks deskripsi beserta strukturnya. Penulisan teks dibagikan berdasarkan struktur, yakni identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi. Dengan struktur, Anda tentu lebih paham menyusun dan memilih kalimat yang pas untuk mendeskripsikan suatu topik.

Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Deskripsi Beserta Strukturnya

Ketidaksetaraan Gender yang Masih Dilanggengkan

Identifikasi : Istilah gender kerap disalahpahami oleh sebagian besar masyarakat. Selama ini, gender selalu disamakan dengan seks, padahal tak demikian. Jika seks bermakna jenis kelamin, gender justru karakteristik yang melekat padanya. Dalam gender, kita mengenal istilah maskulinitas dan femininitas. Di dalamnya, ada tanggung jawab, peran, hingga pembagian kerja dalam hirarki sosial.

Klasifikasi : Ketidakpahaman terkait gender seringkali memicu ketidaksetaraan dalam masyarakat. Dengan karakteristik yang melekat, perempuan selalu ditempatkan sebagai kelas kedua atau subordinat. Sementara laki-laki dianggap sebagai pemimpin atau superior yang memiliki kekuasaan penuh. Pada praktiknya, tak semua hal harus berpusat dan menjadi hak mutlak laki-laki. Perempuan pun memiliki hak yang sama dalam tatanan sosial, termasuk soal kepemimpinan.

Deskripsi : Ketidaksetaraan terkait gender masih langgeng sampai sekarang. Salah satu penyebabnya adalah sistem patriarki yang masih dielu-elukan oleh sebagian besar masyarakat. Sistem patriarki tak hanya menempatkan perempuan sebagai pihak yang dirugikan, namun tak punya hak untuk bersuara. Untuk itu, penting rasanya melakukan upaya demi menyetarakan gender. Dengan begini, perempuan memiliki akses luas untuk berkarir dan tak mendapat perlakuan sebagai kelas kedua.

Contoh Teks Deskripsi Panjang

Bagaimana membuat tulisan yang nyaman dan menarik untuk dibaca? Anda bisa mengembangkan topik tertentu dengan gaya deskripsi. Awali dengan identifikasi yang memperkenalkan topik secara detail. Gambarkan semenarik mungkin terkait benda ataupun objek tersebut. Tak perlu terlalu khawatir dengan jumlah kata atau panjang teks.

Dalam teks deskripsi, tak ada aturan baku terkait jumlah paragraf yang ditulis, berbeda dengan teks eksposisi. Jangan heran kalau Anda menemukan contoh teks deskripsi panjang, sebab tak ada struktur pengikat terkait hal ini. Penulis benar-benar dibebaskan dalam menuangkan ide maupun pemikiran, asal sesuai dengan pengalaman atau data yang ada.

Contoh Teks Deskripsi Panjang
Contoh Teks Deskripsi Panjang

Contoh Teks Deskripsi Kelas 7

Kalau Anda seorang pengajar, tentu sudah tak asing mengajarkan cara membuat teks deskripsi. Jika Anda seorang siswa dan diminta membuat teks deskripsi, mungkin sub bab ini akan membantu. Contoh teks deskripsi kelas 7 biasanya seputar kehidupan sehari-hari, entah berkaitan dengan pengalaman berlibur maupun bermain. Tak jarang pula siswa mencoba kritis menjelaskan suatu topik dan benar-benar membantu pembacanya.

Contoh Teks Deskripsi Kelas 7

Siapa Takut Membaca Novel?

Membaca buku menjadi hobi sebagian orang. Tak peduli dimanapun, beberapa orang kerap membaca buku. Bagi mereka, membaca menimbulkan rasa bahagia dan keasyikan tersendiri. Genre buku yang dibaca pun sangat beragam, mulai dari novel, komik, maupun buku-buku sejarah. Semuanya tentu memberikan pengalaman dan kesenangan tersendiri yang tak bisa diukur dengan uang.

Sebagai salah satu genre karya sastra, novel memiliki penikmat yang sangat banyak. Berbagai kalangan usia masih suka membaca novel. Bahkan novel sendiri memiliki beberapa genre berbeda, seperti teenlit, metropop, maupun young adult. Pembagian genre ini berdasarkan pada tema maupun kisaran usia para karakternya. Meskipun demikian, tentu ada ide maupun tema baru yang coba diangkat oleh para penulis. Tak melulu persoalan cinta, para karakter juga memperkenalkan sudut pandang berbeda kepada para pembaca.

Untuk novel metropop, karakter utamanya biasanya digambarkan sebagai dewasa berusia 30 tahunan. Dengan segala lika-liku kehidupan dan bumbu romantisme, metropop jauh lebih dinikmati oleh perempuan maupun laki-laki dewasa. Tak ada pembatasan gender untuk menikmati alur cerita novel metropop. Ini disebabkan oleh tema yang diangkat sangat sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain tema yang dekat dengan kehidupan, novel metropop dipilih karena hasrat pembaca. Jika diperhatikan, novel metropop menawarkan kisah romantis yang mungkin hanya ada dalam angan-angan. Tak ayal banyak perempuan yang merasa menemukan ruang ekspresi yang tepat, entah untuk melampiaskan hasrat terpendam atau memenuhi fantasi yang tak terpenuh.

Contoh Soal Teks Deskripsi

Merancang contoh soal deskripsi tentu tak semudah yang dibayangkan. Meskipun membahas suatu topik secara mendetail, seringkali teks deskripsi sulit dibatasi.

Meskipun demikian, pemberian suatu tema khusus sebenarnya mengasah kreativitas dan kemampuan menulis. Untuk sebagian orang, ini menjadi momentum untuk menemukan bakat dan minat dalam dunia kepenulisan. Nah, contoh soal teks deskripsi berikut bisa jadi bahan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menjelaskan suatu hal. Selengkapnya silakan lihat disini soal teks deskripsi PDF.

Contoh Soal Teks Deskripsi
Contoh Soal Teks Deskripsi

Menyajikan suatu tema khusus untuk dibahas butuh waktu yang lumayan panjang guna mengumpulkan data. Kebanyakan penulis justru lebih nyaman membuat tulisan berdasarkan ide yang mereka miliki.

Rizky Pujian Dasa Pratama S.Kom Saya gemar menulis berbagai macam artikel pendidikan, bisnis, wisata dan teknologi dimana saat ini saya sudah mengelola puluhan website untuk dapat berbagi informasi di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *