Sejarah Indonesia

7 min read

Sejarah Indonesia

Mengetahui bagaimana sejarah Indonesia bisa meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan rasa cinta yang lebih besar terhadap Tanah Air. Indonesia adalah negara di mana kita tinggal, dan menjadi bangsa yang seharusnya kita cintai. Terbentuknya Indonesia sampai detik ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari sejarah.

Karena adanya sejarah, setiap warga negara Indonesia bisa mengetahui apa yang telah terjadi, bagaimana Indonesia bisa ada, dan sejarah-sejarah lainnya yang melatarbelakangi Indonesia yang sekarang ini. Akan dibahas banyak sejarah tentang Indonesia, mulai dari bahasa Indonesia hingga kepulauan sebagai bentuk negara Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

"<yoastmark

Sejarah bahasa Indonesia tidak bisa dilepaskan dari eksistensi bahasa Melayu. Malahan, berdasarkan sumber yang akurat, bahasa Indonesia merupakan salah satu varian bahasa Melayu. Bahasa Indonesia di negara Indonesia dijadikan bahasa persatuan. Dan rupanya, bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di negara ini saja. di negara Timor Leste, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa kerja.

Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa persatuan sesaat setelah diumumkannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Lebih spesifik, peresmiannya adalah satu hari setelah proklamasi, bersamaan dengan konstitusi.

Bahasa Indonesia memang merupakan salah satu varian dari bahasa Melayu, namun dari perkembangannya bahasa ini melalui banyak hal sehingga ada yang berubah. Untuk diketahui, yang dijadikan dasar dalam bahasa ini adalah bahasa Melayu Tinggi atau bisa dikatakan Melayu Riau atau Melayu Melaka.

Penamaan secara resmi sehingga bahasa ini disebut sebagai bahasa Indonesia bukan karena memang dipakai oleh orang di negara Indonesia. Tetap ada deklarasi resmi sehingga salah satu bahasa varian bahasa Melayu disebut seperti sekarang ini. deklarasi resmi yang dimaksud adalah Sumpah Pemuda, sumpah yang terlahir pada tanggal 28 Oktober 1928 ini menjadi agenda pertama penyebutan ‘bahasa Indonesia’.

Penyebutan bahasa ini sebagai bahasa Indonesia juga ada tujuannya. Karenanya, sesegera mungkin (pada tahun 1928) sudah diberi nama sendiri. Tujuan mengapa bahasa ini segera diberi nama atau sebutan adalah untuk menghindari imperialisme bahasa.

Sampai sekarang ini, bahasa Indonesia adalah bahasa yang sifatnya terus hidup. Hal ini lah yang membuat seiring berkembangnya waktu ada bahasa-bahasa baru yang lahir.

Sejarah Bangsa Indonesia

"<yoastmark

Akan ada cerita yang sangat panjang jika kita membahas sejarah bangsa Indonesia. cerita sejarah di bangsa ini bermula dari zaman prasejarah, kerajaan-kerajaan Nusantara, kolonialisasi bangsa Eropa, kolonialisme VOC, penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, perang dunia kedua, kemerdekaan, orde baru, dan reformasi.

Ada banyak jenis manusia purba yang telah ditemukan dan diketahui berasal dari zaman prasejarah, diantaranya ada Meganthropus paleojavanicus, Meganthropus erectus, Pithecanthropus erectus, Homo soloensis, dan lain-lain.

Kemudian memasuki era kerajaan-kerajaan di Nusantara, ada kerajaan Hindu-Budha dan cerita sejarah masuknya Islam ke Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan kolonialisasi Eropa yang diawali dengan kolonialisasi Portugis, Spanyol, dan kemudian Belanda. Setelah Belanda menjajah selama 300 an tahun, Indonesia kembali dijajah oleh negara Jepang.

Indonesia merdeka melalui Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diagendakan pada tanggal 17 Agustus 1945 saat itu. Itu pun telah diisi dengan perjuangan yang bukan main-main oleh para pahlawan.

Setelah Indonesia merdeka, masih ada catatan sejarah yang disebut dengan orde baru. Setelah orde baru, juga ada era reformasi, hingga sampai sekarang ini. Apa yang telah terjadi di Indonesia, baik yang sudah bertahun-tahun hingga yang baru saja kemarin, semuanya pasti masuk dalam sejarah.

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

"<yoastmark

Jika yang dibicarakan adalah sejarah kemerdekaan Indonesia, maka bagian yang akan banyak dibahas adalah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sebab peristiwa proklamasi lah yang melatarbelakangi Indonesia menjadi negara yang sudah merdeka.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah terlaksana pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang diketik oleh Sayuti Melik, dibacakan oleh Ir. Soekarno dan didampingi oleh Mohammad Hatta pada saat itu. Yang mana, mereka lah yang menjadi presiden dan wakil presiden yang pertama di Indonesia.

Pembacaan proklamasi sebagai tanda bahwa Indonesia sudah merdeka bertempat di rumah hibah oleh Faradj bin Said bin Awadh Martak, yang mana berlokasi Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta.

Kemerdekaan Indonesia menjadi tanda dimulainya gerakan revolusioner. Hingga akhirnya Belanda sendiri baru mengakui kemerdekaan Indonesia pada tahun 1949, 4 tahun setelah diproklamasikan kemerdekaan. Begitu juga dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, baru mengakui Indonesia merdeka pada tahun 1949.

17 Agustus sebagai tanggal diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, baru dijadikan sebagai hari libur nasional secara resmi pada bulan Juni tahun 1946.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia

"<yoastmark

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak di dunia. Menurut data sensus di tahun 2010, ada sebanyak 87% lebih penduduk negara Indonesia yang berkeyakinann agama Islam. Karena ada banyak sekali warga Indonesia yang beragama Islam, agaknya tidak mungkin jika tidak ada cerita sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Namun sayangnya, menurut Thomas Walker terasa agak sulit untuk mengupas cerita sejarah masuknya agama ini ke Indonesia. Dan hal ini pun disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan, jika dibahas lebih lanjut tentang sejarahnya, akan ada tiga teori yang sama-sama membahas sejarah atau asal mula masuknya Islam ke Indonesia. Tiga teori tersebut antara lain teori Gujarat India, teori Persia, dan teori Makkah.

Dahulu ada ahli sejarah yang berasal dari bangsa Barat menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-13. Namun teori tersebut dibantah oleh Abdul Malik Karim, sebab beliau menemukan ada naskah dari Tiongkok yang mengabarkan ada kelompok bangsa Arab yang meninggali wilayah barat pulau Sumatera pada tahun 625 Masehi. Naskah Tiongkok yang dimaksud merupakan sebuah tarikh Cina.

Apa yang ditulis oleh Thomas Walker Arnold pun juga seirama, bahwasannya kepulauan Indonesia telah dihuni oleh orang Arab pada awal-awal tahun Hijriah.

Berlanjut pada tahun 30 Hijrah atau sama dengan tahun 651 Masehi, Utsman bin Affan pada pemerintahan Khilafah memerintahkan Muawiyah bin Abu Sufyan mengunjungi tanah Jawa (Jepara). Namun pada saat itu bukan Jepara nama daerah yang dikunjungi Muawiyah bin Abu Sufyan, melainkan Kalingga. Setelah beliau mengunjungi Kalingga, putra Rat Sima dari Kalingga yang bernama Jay Sima masuk ke agama Islam.

Sejarah tentang agama Islam terus berlanjut hingga masa sunan-sunan, masa kolonialisme, dan seterusnya sampai sekarang ini.

Sejarah Pemilu di Indonesia

"<yoastmark

Dahulu, pemilu diagendakan bukan untuk memilih presiden dan wakil presiden. Malahan, ditujukan untuk memilih lembaga-lembaga perwakilan seperti DPR, DPRD untuk provinsi, dan DPRD untuk kabupaten atau kota. Kemudian setelah ada amandemen keempat UUD 1945, barulah pemilu juga ditujukan untuk memilih presiden dan wakil presiden. Sebelum ada amandemen, presiden dan wakil presiden dipilih oleh MPR.

Sejarah pemilu di Indonesia kemudian baru menjadikan pilpres sebagai salah satu bentuk pemilu. Kemudian pada tahun 2007 melalui Undang-Undang nomor 22 Tahun 2007, pilkada yang digunakan untuk memilih kepala daerah dan wakil daerah masuk dalam pemilu.

Hingga akhirnya, istilah ‘pemuli’ sering ditujukan sebagai pemilihan anggota legislatif dan presiden berserta wakilnya yang diadakan sekali selama 5 tahun.

Pemilu yang diagendakan untuk pemilihan anggota legislatif dilaksanakan pada tahun 1955, 1971, 1977, 1999, 2004, 2009, 2014, dan 2019. Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakilnya diadakan pada tahun 2004, 2009, 2014, dan 2019.

Komponen atau sistem pemilu sifatnya tertutup sejak tahun 1955 sampai tahun 1999. Baru kemudian pada tahun 2004 sampai yang terakhir ini, pemilu dilaksanakan secara terbuka. Pemilu dilaksanakan dengan suatu asas, yaitu LUBER dan JURDIL, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Sejarah Perekonomian Indonesia

"<yoastmark

Sejarah perekonomian Indonesia sangat dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia. Indonesia yang terletak di antara persilangan benua dan samudra dunia membuat roda perekonomian cukup maju. Kontak dengan perdagangan internasional bisa muncul karena letak geografi ini, salah satu bentuk kontak perdagangan internasional adalah kedatangan pedagang-pedagang dari negara lain seperti Cina, Eropa, dan Arab.

Ada yang memulai kisah sejarah ekonomi Indonesia dengan VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie. Organisasi VOC memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa Indonesia, namun organisasi ini juga ikut serta dalam kisah sejarah ekonomi Indonesia.

VOC ada di Indonesia sekitar abad ke-17 dan juga merupakan perusahaan multinasional pertama yang ada di dunia. Hingga abad ke-18, perusahaan ini berada di Indonesia dengan memanfaatkan komoditas yang ada secara monopoli. Adapun yang diperdagangkan oleh VOC antara lain tembaga, timah, batu bara, minyak, karet, kopi, kina, dan teh.

Sejarah ekonomi ini berakhir seiring merdekanya Indonesia, atau lebih tepatnya lagi sudah berakhir sejak adanya perang dunia ke II. Perekonomian Indonesia terus meningkat hingga memasuki abad ke-21 Indonesia berhasil menjadi negara dengan ekonomi paling kuat di Asia Tenggara. Indonesia juga sudah masuk sebagai negara industri baru karenanya.

Sejarah Nama Indonesia

Sejarah Nama Indonesia

Bukan tiba-tiba ada atau dibuat oleh seseorang, kisah sejarah nama Indonesia yang menjadi cikal bakal negeri ini disebut dengan nama itu. Sebelum nama ‘Indonesia’ ada, warga dunia menyebut negara atau wilayah ini dengan nama yang berbeda-beda. Orang Arab memberikan sebutan yang berbeda dengan orang Cina, begitu juga dengan orang-orang di negara lain.

Dahulu, bangsa Tionghoa menyebut wilayah antara Indonesia dengan Australia sebagai Nan-hai yang berarti kepulauan laut selatan. Sedangkan bangsa India memberi sebutan Dwipantara yang berarti Kepulauan Tanah Seberang. Juga ada sebutan dari Arab berupa Jaza’ir al-Jawi sebagai sebutan untuk pulau Jawa pada saat itu.

Lahirnya nama ‘Indonesia’ bermula dari James Richardson. Beliau menulis artikel yang berjudul The Ethnology of The Indian Archipelago. Tadinya wilayah Indonesia disebut sebagai Indian Archipelago, namun karena dianggap terlalu panjang, di ubahlah berdasarkan peneliti yang sebelumnya.

Peneliti yang sebelumnya, yang bernama Earl, menyebut Indonesia sebagai Indunesia. Oleh James, yang telah menulis artikel tadi, huruf u diubah menjadi o, sehingga disebut sebagai Indonesia. Apa yang telah dikenalkan James inilah yang akhirnya menjadi sebutan warga dunia untuk menyebut Indonesia.

Peristiwa Sejarah Indonesia

Peristiwa Sejarah Indonesia

Untuk peristiwa sejarah Indonesia, itu artinya akan membahas berbagai peristiwa yang telah terjadi di negara ini, peristiwa apapun itu. Mulai dari peristiwa kemerdekaan, politik, perekonomian, dan lain sebagainya.

Namun jika dirangkum, hanya ada beberapa peristiwa saja yang sebaiknya diketahui. Bermula dari peristiwa Rengasdengklok, merupakan peristiwa yang terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945. Peristiwa yang bertujuan untuk mempengaruhi golongan tua supaya secepat mungkin memproklamasikan kemerdekaan.

Setelah peristiwa Rengasdengklok, ada peristiwa proklamasi yang menjadi latar belakang telah merdekanya negara Indonesia. dilanjutkan dengan memasuki orde lama, dan dilanjut dengan reformasi.

Sebelum peristiwa Rengasdengklok pun masih ada peristiwa-peristiwa lainnya yang juga penting. Seperti misalnya peristiwa sumpah pemuda, perang dunia ke II yang berimbas ke Indonesia, dimulainya kolonialisme, masuknya agama-agama ke Indonesia, berdirinya kerajaan-kerajaan Nusantara, dan masih banyak lagi.

Jika yang dibahas adalah peristiwa dari sejarah Indonesia ada, maka jelas yang menjadi pembahasannya adalah peristiwa apa saja yang terjadi namun mempengaruhi kemerdekaan Indonesia.

Rangkuman Sejarah Indonesia

Rangkuman Sejarah Indonesia

Kisah sejarah-sejarah di atas bisa dirangkum menjadi satu rangkuman sejarah Indonesia. seperti yang telah dibahas sedikit sebelumnya, sejarah Indonesia akan dimulai dari zaman prasejarah. Di mana sebagai buktinya telah ditemukan banyak sekali fosil oleh beberapa peneliti.

Zaman prasejarah dinilai berakhir setelah ditemukan fosil Homo sapiens atau manusia modern. Munculnya kerajaan-kerajaan Nusantara menjadi cerita sejarah yang selanjutnya di Indonesia.

Setelah kerajaan-kerajaan Nusantara mulai sirna, masuklah ke zaman kolonialisasi. Di mana saat itu Indonesia beberapa kali dijajah oleh negara yang berbeda-beda. Adapun negara yang telah menjajah Indonesia antara lain Portugis, Spanyol, Belanda, Jepang, dan lainnya. Diantara masa-masa itu pula, terjadi peristiwa-peristiwa penting seperti ditemukannya nama Indonesia, bermulanya sejarah perekonomian, masuknya agama dan budaya, dan peristiwa penting lainnya yang membentuk Indonesia yang sekarang ini.

Kolonialisasi berakhir, peristiwa proklamasi terjadi. Ditandai dengan adanya pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sebuah peristiwa yang menandakan Indonesia telah merdeka dan sebagai tanda bermulanya gerakan revolusioner.

Sejarah Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Terbentuknya Kepulauan Indonesia

Sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia telah dimulai sejak puluhan juta tahun yang lalu. Tepatnya sekitar 50 juta tahun yang lalu, pada waktu itu mulai terbentuk pulau-pulau di wilayah Indonesia. 50 juta tahun yang lalu sama saja masuk dalam periode Quaternary dalam teori pembentukan bumi.

Kemudian berlanjut pada sekitar 1 juta tahun yang lalu, pada waktu itu, beberapa pulau yang mulai terbentuk hingga berbentuk seperti sekarang adalah Pulau Bali, Pulau Jawa, dan Pulau Sumatera. Pada saat yang sama, Pulau Borneo atau Pulau Kalimantan masih bersatu dengan semenanjung Asia.

Secara geografis, Indonesia merupakan wilayah seluas kurang lebih 1,9 juta kilometer persegi. Berada diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta berada diantara Samudera Pasifik dan Hindia. Sampai sekarang ini, tercatat ada sebanyak kurang lebih 13.478 pulau di negara Indonesia.

Mempelajari sejarah Indonesia memang cukup penting dan bermanfaat sehingga rasanya akan kurang bila dilewatkan. Sama pentingnya dengan mata pelajaran lain, riwayat tentang Indonesia membuat siswa menjadi lebih banyak mengetahui apa yang telah terjadi di Tanah Airnya dan bisa menumbuhkan nasionalisme.

Mengerti bagaimana sejarah-sejarah di negeri sendiri juga tentunya bisa menambah wawasan. Wawasan yang bisa saja berguna di masa depan. Tidak akan sia-sia mempelajari sejarah, terutama sejarah yang menyangkut negara sendiri. Seperti yang telah dibahas di atas, ada asal mula nama negara ini, sejarah bangsa Indonesia, sejarah kemerdekaan, sejarah masuknya Islam, sejarah kepulauan, sejarah pemilu, dan masih banyak lagi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *